Kamis, 23 Agustus 2012

Sistem Pencernaan


PENCERNAAN MAKANAN

Pencernaan adalah proses pemecahan makanan menjadi molekul yang diedarkan dan digunakan oleh sel tubuh individu hewan. Molekul ini memiliki berbagai fungsi. Contohnya sebagai sumber energi, menyediakan elemen kimia esensial, sepertikalsium, nitrogen, dan besi atau mereka berfngsi seperti molekul seperti asam amino, asam lemak, dan vitamin yang diperlukan oleh sel tapi tidak dapat disintetis sendiri oleh tubuhnya.

Makanan adalah substansi yang dimasukkan ke dalam tubh dengan tujuan :
_ Menyediakan bahan yang penting untuk pembentukkan protoplasma baru atau mengganti protoplasma yang rusak
_ Menyediakan energi yang sangat penting untuk bermacam – macam aktivitas tubuh seperti kontaksi otot, sekresi kelenjar, sintesis macam – macam substansi, absorsi makanan di saluran pencernaan makanan reabsorsi zat di tubuh ginjal pertumbuhan dan reproduksi
_ Menyediakan substansi esensial untuk pengaturan fungsi sel, alat tubuh atau tubh secara keseluruhan. Sumber energi makanan berasal dari karbohidrat, protein, lemak.

Tujuan Pencernaan Makanan adalah :
_ Mengubah substansi makanan menjadi suatu bentuk yang ukurannya yang kecil dan larut dalam air, sehingga dengan mudah menembus dinding usus dan dapat segera digunakan oleh sel untuk sintesis sel- sel yang baru.

_ Menghilangkan kemungkinan adanya sifat antigentik dari subtansi makanan terutama protein.

Penggunaan makanan untuk keperluan berbagai macam aktifitas tubuh, termasuk untuk pertumbuhan dan pelepasan energi kimia, di perlukan suatu tahap hewan harus mencerna dulu.

Pencernaan makanan merupakan proses yang rumit karena di perlukan enzim yang khusus untuk mengkatalisasi pencernaan molekul substansi makanan menjadi senyawa kimia yang sederhana dan berukuran kecil, sehingga dapat dengan segera menembus dinding usus menuju ke dalam darah. Misalnya tepung, merupakan polisakarida berantai panjang dipecah menjadi monosakarida. Dalam saluran pencernaan energi kimia yang dilepas selama hidrolisis tidak dapay digunakan oleh tubuh, kecuali sebagai panas.

Pada hewan metozoa. Pencernaan terutama terjadi disaluran pencernaan. Seluruh pencernaan biasanya dilengkapi denga kelenjar yang menghasilkan enzim atau substansi kimia lainnya. Substansi yang telah dicerna kemudian menembus dinding saluran pencernaan menuju ke dalam darah melalui suatu proses yang di sebut absorsi. Dari darah sbstansi kemudian masuk ke dalam sel untuk digunakan oleh sel. Proses ini di sebut asimilasi. Jadi nutrisi adalah seluruh proses dimana hewan memperoleh, memasukkan, mencerna, mengabsorsi dan mengasimilasi substansi makanan.

B.     SISTEM PENCERNAAN

Sistem ini terdiri dari 2 bagian, yakni saluran pencernaan ( tractus digestivus ) dan kelenjar pencernaan ( glandula digestoria ).

1 Saluran pencernaan

PAda hewan rendah makanan ditelan tanpa dicerna ke dalam sel dengan proses yang di sebut endositosis. Di dalam sel tersebut partikel makanan kemudian dicerna oleh asam dan enzim. Pencernaan ini dikenal dengan pencernaan intrasel. Pada hewan yang lebih tinggi derajatnya, pencernaan terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keren

REVIEW Hut Mun Gel

Ini adalah review produk saya yang ketiga.... hehehe, maafkan saya yang timbul tenggelam dengan tulisan di BLOG saya ini. Karena tidak muda...